PIKMI singkatan dari Pusat Ilmu Komputer dan Manajemen Indonesia. Didirikan di Bandung pada tahun 1991 oleh para alumni ITB berdasarkan pengamatan terhadap adanya ketidaksinkronan antara lulusan perguruan tinggi dan tuntutan kemampuan kerja perusahaan. PIKMI berusaha menjembatani keduanya dengan cara menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan memadukan aspek ilmu pengetahuan, keterampilan (skill), dan pribadi professional yang diharapkan mampu mencetak tenaga terampil professional dan memnuhi kebutuhan dibidang komputer dan bisnis.
        Setelah sukses pada tahun pertama di Bandung, PIKMI tercatat sebagai pelopor pendidikan terpadu Diploma 1 Tahun Komputer dan Bisnis membuka cabang di Surabaya pada tahun 1992. Alasan membuka cabang di Surabaya, karena Surabaya merupakan kota terbesar kedua dan sebagai pusat kegiatan ekonomi di Indonesia bagian timur, disamping bahwa di wilayah Surabaya sendiri terdapat cukup banyak industri yang membutuhkan tenaga terampil professional.
        Pada tahun 1999 yang lalu, PIKMI membuka cabang baru di Malang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan perusahaan di Malang dan sekitarnya akan Lembaga Pendidikan yang mempunyai komitmen dan tradisi kualitas.
        PIKMI CLEdS Jember yang beralamatkan di Jalan Wijaya Kusuma 04 Jember ini merupakan anak cabang dari Lembaga pusat PIKMI CLEdS Surabaya dan berdiri pada akhir tahun 2002. Di PIKMI CLEdS Jember tersedia program kuliah 1 Tahun dan 2 Tahun + Kontak kerja, untuk program kontrak kerja sudah MOU dengan beberapa perusahaan TOP yang ada di Jember. Sedangkan materi-materi yang diberikan adalah program yang sudah popular dan sangat dibutuhkan di dunia komputer saat ini yaitu Windows dan Microsoft Office (Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Power Point). Serta ada Program Kewirausahaan yang diajarkan agar mahasiswa PIKMI CLEdS Jember dapat kerja mandiri di bidang Internet Marketing.
        Pada Tahun 2005 Pikmi membuka cabang kembali di Singaraja yang juga memilki Program 1 Tahun dan 2 Tahun, dikarenakan kebutuhan lembaga kuliah yang mencetak mahasiswanya siap kerja maka pikmi membuka cabang kembali di Tabanan pada Tahun 2006.